Sejarah Sekarwangi

DESA SEKARWANGI Yang merupakan batas terluar kecamatan buahdua dan merupakan batas kecamatan Buahdua dengan Kecamatan Conggeang, awalnya merupakan bagian dari Desa Cilangkap. Desa Sekarwangi Berdiri pada tanggal 31 Januari 1981 dengan dasar hukum SK PEMEKARAN dari Desa Induk Desa Cilangkap menjadi Desa Sekarwangi (SK.BUP.KDH.TKT II SUMEDANG No.27/OP-440-Pem/BUP/SK/1981 Tanggal 31 Januari 1981).

Kantor permerintahan waktu itu menggunakan bangunan madrasah (sekarang menjadi Balai Kadus III) Dusun Lebaknaga. Selama kurang lebih 3 Tahun pemerintahan berpusat di balai madrasah itu. Saat itu pemerintahan desa dipimpin (Kepala Desa) Bapak  Chece Dharso. S , yang tiada lain merupakan  Sekertaris Desa Cilangkap (SEKDES II).  Pemilihan waktu itu secara aklamasi dengan kata lain Desa Sekarwangi yang baru berdiri tersebut Kepemimpinannya diberikan kepada Bapak Chece Dharso. S (dengan kata lain sebagai WARISAN).

Kepemimpinan Kepala Desa waktu itu hanya pjs (pejabat sementara)  dibantu Oleh 2 Kepala Dusun yaitu: KADUS 1 : Bapak ADI  WIJAAYA dan KADUS 2 : bapak WIHARJA, Serta dibantu oleh Bapak E.KARYA Kepala Urusan Umum (KAUR UMUM). Dan setelah 1 tahun pemerintahan desa berjalan maka diangkatlah Bapak OMO SUPARMO sebagai SEKDES Untuk membantu Kepala Desa.

Setelah memilih memekarkan dari Desa Cilangkap Hingga akhirnya pada tahun 1984 mulailah di bangun Balai Desa Sekarwangi yang berpusat di Dusun Cikeresek. Saat itu  bangunan yang ada hanya Ruangan Kepala Desa. Tidak berhenti disitu saja, 1 tahun kemudian atas dorongan swadaya masyarakat Desa Sekarwangi maka  di area Kantor Kepala Desa Sekarwangi dibangunl Gedung Serba Guna.

Di tengah-tengah pembangunan Gedung Serbaguna. Desa Sekarwangi memulai pemerintahan yang tetap dengan melangsungkan pemilihan KEPALA DESA  DEVINITIF yang pertama. Dan saat itu yang mencalonkan  Bapak Eddi  Muharipudin dan Bapak Atang Sudriawinata. Hingga akhirnya Bapa EDDI MUHARIPUDIN terpilih menjadi Kepala Desa 1 Desa Sekarwangi. Kepemimpinan Bapak Eddi  Muharipudin Dan saat itu dibantu oleh  15 staf  .  Saat itu Desa Sekarwangi terbagi menjadi 2 KADUS. Pemerintahan Kecamatan Buahdua saat itu dipimpin oleh Bapak Drs.Gunawan Suria Danuningrat.


2 responses to “Sejarah Sekarwangi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s